BlogPingSite
TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI

Senin, 03 Maret 2014

Tips Memilih Template Blog Berkualitas SEO Friendly



Tips Memilih Template Blog Berkualitas SEO Friendly - pada postingan kemarin saya berbagi tips SEO tentang Cara Optimasi Gambar Agar SEO Friendly, dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Tips Memilih Template Blog Berkualitas SEO Friendly.
Cascading Style Sheet (CSS) merupakan aturan untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS bukan merupakan bahasa pemograman. Sama halnya styles dalam aplikasi pengolahan kata seperti Microsoft Word yang dapat mengatur beberapa style, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainnya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa berkas (file).
Pada umumnya CSS dipakai untuk memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML dan XHTML. CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna bagian tubuh pada teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri, kanan, atas, bawah, dan parameter lainnya. CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda
Apa itu Template SEO Friendly? Template blog SEO Friendly adalah template yang dibuat dan dirancang khsusus untuk membantu para blogger dunia dalam melakukan optimasi SEO. Penggunaan template blog yang SEO Friendly merupakan bagian dari optimasi SEO ON PAGE yang menurut saya sangat penting Sekali karena dapat mempengaruhi jumlah visitor pada suatu blog.
Sebelumnya saya akan kasih sedikit gambaran terlebih dahulu mengapa template blog sangat mempengaruhi kualitas SEO dan jumlah visitor blog.
·         Pernahkah anda berkunjung ke sebuah blog dengan loading blognya yang sangat lambat atau berat?
·         Pernahkah anda berkunjung ke sebuah blog dengan dipenuhi banyak widget?
·         Pernahkah anda berkunjung ke blog yang dipenuhi dengan iklan dan bahkan sampai menutupi artikel?
Saya sangat yakin sekali pasti anda akan jawab "YA" (sotoy), apa perasaan anda jika anda berkunjung ke blog yang masuk kriteria tadi? Saya yakin anda pasti akan meninggalkan blog tersebut dan bahkan anda tidak mau lagi mengunjungi blog tersebut. Nah, begitu juga dengan mereka (pengunjung blog kita), mereka juga tidak akan pernah betah berlama-lama diblog kita jika blog kita masuk ke dalam kriteria yang tadi saya sebutkan. Maka dari itu kita harus memperhatikan kenyamanan pengunjung.
Lalu bagaimana agar Template blog kita menjadi berkualitas?
Caranya mudah saja, anda cukup perhatikan poin-poin berikut ini:
Template Ringan
Template blog yang ringan dengan loading blog yang cepat akan mempengaruhi visitor atau pengunjung blog kita, seperti membuat nyaman pengunjung, mempermudah pengunjung dalam mengakses blog kita, dan tentunya mempermudah spider bot atau search engine dalam mengakses blog kita ketika melakukan index blog, oleh karena itu direkomendasikan untuk memilih template yang memiliki loading yang ringan.

Warna Background dan Warna Text/teks
Usahakan anda memakai template yang background nya enak dimata (tidak terlalu cerah, tidak terlalu gelap), sama halnya dengan background, warna teks/teks juga harus enak dipandang mata dan warna text/teks harus beda dengan warna background halaman tersebut. Dan usahakan anda jangan memakai background gambar karena itu dapat memperlambat proses loading blog.
Template valid html dan valid CSS
Kriteria ketiga memilih template blog yang SEO friendly adalah memilih template blog yang valid html dan valid CSS. Jangan menggunakan template blog yang banyak berisi error html dan error CSS sebab ini juga bisa menghambat jalannya peng-indexan search engine di dalam blog kita. Bila suatu waktu kita tidak menemukan template yang tervalidasi, sobat bisa memilih template yang setidaknya memiliki sedikit error html dan error CSS.
Template harus memiliki struktur Heading yang lengkap
Usahakan anda mencari template yang memiliki struktur Heading yang lengkap mulai dari H1, H2, H3, H4, H5 dan H6, heading H1 bisa kita pakai sebagai Judul atau nama blog kita, H2 sebagai judul posting, H3 Judul sidebar atau widget, H4 sebagai Related Post dan sebagainya.
Template Memiliki Struktur Heading yang rapih
Setelah tadi diharuskan mencari template yang memiliki struktur heading yang lengkap, sekarang kita harus perhatikan template blog kita. Template yang bagus memiliki struktur heading yang rapih, mulain dari H1, H2, dan H3. Kita harus pilih template blog yang memiliki struktur heading tag yang bagus dan tentunya penempatan setiap heading tag tersebut sesuai, misalnya H1 untuk judul blog.
Widget blog
Usahakan anda jangan terlalu memasang banyak widget pada blog anda, karena dengan adanya banyak widget dapat melambatnya proses loading blog. Percuma saja jika anda menerakan CSS atau Template yang sangat ringan tapi di blog anda ada banyak widget-widget yang sangat tidak berguna. Pasanglah widget dengan sewajarnya dan yang pentingnya saja. Kalau bisa anda jangan memasang widget dalam blog anda.
Itulah tadi sedikit tips agar template blog kita jadi berkualitas SEO FRIENDLY yang dicintai visitor dan search engine. tips-tips diatas ini saya berikan untuk blog mywapblog, blogspot, dan lain-lain (untuk semua).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar