Kemampuan handal dalam memasarkan
produk atau jasa bisa jadi lebih penting dari produk itu sendiri.
Teknik pemasaran boleh dikatakan sebagai kunci
keberhasilan dari penjualan produk. Kemampuan yang handal dalam memasarkan
produk atau jasa bisa jadi lebih penting dari produk itu sendiri. Teknik
pemasaran yang baik didukung oleh strategi pemasaran yang efektif. Dengan
strategi tersebut, proses marketing dapat dipertahankan, bahkan cara baru dalam
memasarkan produk juga bisa kita temukan dan membuat pelanggan semakin loyal.
Tentu saja, jangan abaikan faktor kualitas produk yang merupakan poin penting
bagi pemasaran itu sendiri.
Maka, setelah Anda pastikan kualitas produk Anda,
rancanglah strategi pemasaran yang efektif agar proses pemasaran dapat berjalan
secara terkontrol, dinamis, dan kreatif. Berikut ini ada 6 langkah strategi
pemasaran yang dapat Anda terapkan.
Pertama, kenalilah pelanggan Anda. Identifikasi
target market Anda akan membantu Anda dalam menyusun strategi marketing yang
efektif. Anda dapat membidik pasar di kelompok usia 15—30 tahun jika Anda ingin
memasarkan produk sepeda sport. Atau Anda dapat membidik wanita dengan kelompok
usia 20—35 tahun jika ingin memasarkan produk sepatu wedges. Jadi, dengan
mengetahui siapa target market Anda, Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu
dan biaya yang sia-sia.
Kedua, lakukanlah promosi. Lakukan
upaya promosi atau memperkenalkan produk bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan
agar promosi yang Anda lakukan tersebut konsisten, terus-menerus, dan dengan
cara-cara kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan. Misalnya, setiap
kali bepergian, bawalah brosur, pamflet, atau leaflet berisi produk bisnis Anda
untuk dibagikan kepada rekan-rekan, atau Anda dapat menyebarkan brosur tersebut
di tempat umum. Buatlah status di jejaring social yang berkaitan dengan produk
Anda, atau Anda mungkin dapat mengirim sms kepada teman-teman Anda terkait
dengan produk tersebut. Dengan berbagai usaha tersebut, dengan sendirinya, Anda
akan menemukan pelanggan yang membutuhkan produk yang Anda tawarkan.
Selain itu, lihatlah pula bagaimana upaya promosi yang
dilakukan kompetitor Anda. Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik,
lanjutkan upaya promosi tersebut. Jangan lupakan pula kehebatan word-of-mouth
publicity. Kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib karena
dapat menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu,
siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda.
Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang
dapat menarik pelanggan baru.
Ketiga, pilih lokasi yang strategis. Faktor
penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan tempat. Anda
perhatikan outlet atau toko roti Holland Bakery selalu berada di jalan
yang sibuk di mana traffic lalu lalang orang sangat tinggi. Itu
merupakan strategi mereka dalam membidik pelanggan potensial. Maka, usahakan
untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk
dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka.
Keempat, gunakan internet marketing. Internet
marketing bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Apa
pasal? Anda dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda
dengan menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial. Saat ini, jual beli
online semakin marak dengan jumlah transaksi yang meningkat setiap tahunnya.
Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana pelanggan ingin berbelanja di luar
jam buka toko, menghindari keramaian, dan lebih privasi. Ruang inovasi juga
terbuka lebar di internet. Anda dapat memasang foto, berinteraksi langsung
dengan pelanggan, bahkan menggelar berbagai promo menarik bisa Anda lakukan.
Kelima, jalin hubungan dengan
pelanggan. Memelihara pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan
baru. Konon, biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru sekitar 6 kali
lipat daripada memelihara pelanggan lama. Maka, buatlah database pelanggan,
masukkan data-data penting beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi mereka
secara berkala, dan informasikan pelanggan mengenai promo produk yang sedang
berjalan, dan lain-lain. Joe Girard, seorang salesman terkemuka di dunia
otomotif, mengatakan bahwa kunci suksesnya adalah selalu memelihara hubungan
yang baik dengan pelanggannya.
Keenam, the Power of Focus. Kekuatan
fokus terbukti dapat mengantarkan Apple menuju kesuksesan. Apple focus pada
produknya dan sanggup menghasilkan miliaran dolar hingga kini. Kesuksesan Apple
tersebut karena mereka fokus dengan sumber daya mereka dan produk yang lebih
sedikit tapi inovatif. Fokus tidak berarti Anda menjual lebih sedikit.
Sebaliknya, Anda dapat meningkatkan produksi Anda di wilayah tertentu.
Kini, dengan ketatnya persaingan pasar saat ini, Anda
harus dapat memenangkan pasar dengan strategi marketing yang tepat dan juga ide
yang inovatif.
(***)
sumber: berbagai sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar